7 Planet di Jagad Raya ini Kondisi alamnya sungguh mengerikan banget

Inafeed.com – Tahukah kamu jika ternyata eksplorasi antariksa menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan manusia. Misteri tentang betapa besar, luas, dan menakutkannya jagat raya ini makin terungkap dengan jelas.

Bahkan kondisi alam yang sungguh mengerikan pun seringkali terekspose kamera . Dan diketahui pula ada beberapa planet jagad raya yang kondisi alamnya sungguh mengerikan banget.

Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 7 planet Jagad Raya yang kondisi alamnya terlihat sungguh mengerikan.

Yuk, simak !

1. Neptunus

11

Salah satu planet di jagad raya ini yang kondisinya sungguh mengerikan yakni Neputunus. Planet yang sangat jauh dari matahari ini tentu saja punya udara yang begitu dingin. Bahkan pernah terjadi sebuah badai yang ukurannya bisa sepermukaan Bumi dengan dorongan gas bumi yang berkecepatan 1.500 mil per jam.

2. 51 Pegasi b

22

51 Pegasi b juga menjadi sebuah planet  yang kondisi di dalamnya cukup mengerikan . 51 Pegasi b ini menjadi planet raksasa yang punya massa 150 kali lebih besar dari Bumi. Planet ini adalah planet gas yang terdiri dari hidrogen dan helium. Planet yang punya julukan ‘Bellerophon’ ini sangat dekat dengan bintang induknya, hingga permukaannya saja bisa bertemperatur 1.000 derajat Celcius.

Namun mirisnya , diplanet ini tak ada air dan tak ada penguapan air sehingga hawa udara disana pun sungguh menyiksa.  Walaupun beberapa kali ada penguapan itupun bukan dari hidrogen melainkan penguapan besi.

3. COROT exo-3b

3

COROT exo-3b juga menjadi salah satu planet yang berada di konstelasi Aquila. Planet ini punya ukuran sebesar Jupiter, namun punya massa 20 kali lebih besar dari jupiter. Dan diketahui pula jika tekanan dan tarikan gravitasi di permukaan planet ini sungguh mengerikan.

Sejumlah ilmuwan mengatakan jika benda akan jadi 50 kali lebih berat ketimbang di Bumi jika diletakkan di Planet ini. Misalnya seseorang berbobot 75 kilogram, di COROT exo-3b maka akan berbobot 3,75 ton.

4. WASP-12b

4

Planet yang kondisinya mengerikan juga salah satunya planet WASP-12b . Planet ini berada di konstelasi Auriga yang dekat dengan bintang induknya. Planet WASP-12b diketahui sebagai planet paling panas  dengan  temperatur permukaan planet ini adalah 2.200 derajat Celcius. Kondisi yang sangat panas tak ada satu mahluk hidup yang tinggal di planet ini .

5. Jupiter

5

Jupiter ternyata menjadi salah satu planet dengan kondisi paling mengerikan. Jupiter pada dasarnya merupakan planet yang paling besar di tata surya kita. Planet ini memiliki kecepatan 400 mil per jam dan petir yang 100 kali lebih besar, terang dan mengerikan ketimbang di Bumi.

Diketahui pula bila atmosfer gelap yang menyelimuti planet ber-samudera cairan metalik hidrogen dengan kedalaman 25.000 mil  ini berwarna dan transparan. Dan yang mengerikan jika cairan ini bisa menghantarkan panas yang akan membuat mahluk hidup hancur.

6. Pluto

6

Pluto juga menjadi salah satu planet yang diketahui memiliki kondisi yang mengerikan. Permukaan pluto diselimuti oleh nitrogen, karbon monoksida, dan metana yang kesemuanya membeku. Di planet ini , temperatur permukaannya adalah minus 228 derajat Celcius hingga 238 derajat Celcius. Tubuh manusia akan langsung membeku secara solid di Pluto.

7. Io

7

Dan salah satu planet yang kondisinya mengerikan yakni Io . Di planet ini banyak sekali gunung berapi dengan kekuatan panas yang luarbiasa. Bahkan planet Lo ini punya kemampuan untuk menyemburkan lahar sejauh 300 kilometer ke antariksa. Para ahli exo-geologi pun menemukan lautan magma yang berada 50 kilometer di bawah kerak Io yang tak seberapa padat. Di suatu permukaan, suhu Io mencapai minus 130 derajat Celcius. Namun dekat gunung api, suhu bisa mencapai 1700 derajat celcius.

Nah, itulah dia ketujuh planet dijagat raya yang kondisi alamnya sungguh mengerikan.

iklan