Ini Dia Orang Pertama yang Membaca Alquran di Dunia

alquran

Situshiburan.com – Al-Quran merupakan kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT untuk umat Islam atau pengikut Nabi Muhammad SAW. Al-Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur dalam masa 22 tahun 2 bulan 22 hari. Wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantaraan Malaikat Jibril.

Mungkin selama ini banyak yang mengetahui sejarah diturunkannya al- Quran , tetapi apakah kamu sudah mengetahui siapa orang yang pertama kali membaca al-Quran di dunia ini.

Menurut penjelasan di dalam Al-Quran itu sendiri, al-quran adalah wahyu yang diberikan kepada nabi Muhammad untuk disampaikan kepada umatnya karena di dalamnya berisi ajaran – ajaran Islam agar para umatnya bisa mentaati dan menjauhi segala sesuatu yang telah diajarkan di dalam al-Quran tersebut.  Untuk itu, Nabi Muhammad SAW pun melakukan khotbah disejumlah negara untuk mengamalkan ajaran Islam kepada para pengikutnya.

Untuk pertama kalinya , Nabi Muhammad bertemu dengan seorang pria bernama Abdullah ibnu Mas’ud. Pada saat itu Abdullah ibnu Mas’ud adalah seorang peternak kambing yang merasa dirinya telah mendapatkan mukjizat karena bisa bertemu dengan Nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad yang ingin memperlihatkan jika mukjizat allah itu nyata , dirinya berusaha untuk membuat air susu kambing Abdulla Ibnu Mas’ud itu mengalir deras. Dan ternyata kejadian itu pun dilihat secara nyata oleh ibnu dimana ketika nabi Muhammad mengusapkan tangannya dikantung susu kambing miliknya, tidak lama kemudian kambingnya mengeluarkan air susu begitu deras.

Kejadian itu membuat dirinya lebih menyimpan kepercayaan kepada Islam. Dan untuk membuktikan jika dirinya benar – benar pengikut nabi Muhammad , dia pun langsung melafalkan ayat suci al-Quran di hadapan orang Quraisy. Dan Abdullah Ibnu Ma’ud inilah menjadi orang pertama kali yang membaca al-Quran di dunia.

Beberapa ayat suci Al-Quran itu pun dibacakan dengan penuh hikmat tepatnya waktu dhuha. Kala itu , Abdulla yang bersi keras mengaku dirinya pengikut agama Islam , dia membacakan ayat suci al-quran dalam Arrahman ayat 1-5.

Karena kaum Quraisy ini merupakan kaum yang paling membenci islam, sehingga Abdullah pun dijadikan sasaran amuk mereka. Abdullah dipukuli hingga babak belur oleh kaum Quraisy yang merasa terganggu ketika Abdullah membacakan ayat suci Al-Quran itu dengan begitu keras.

Namun Abdullah tidak merasa jera’. Keesokan harinya dirinya kembali mengamalkan ajaran agama Islam kepada para sahabatnya di Mekah. Abdullah meminta bantuan kepada para umat disana untuk membantunya mengajari da memperkenalkan bacaan Alquran.

Dan dengan senang hati , Nabi Muhammad SAW langsung mengajari Abdullah untuk bisa fasih dalam membaca al-Quran. Abdullah mengaku jika pada saat itu dirinya telah berhasil menghafal 70 surah yang diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Bahkan Abdullah juga diberi pesan oleh Rasulullah untuk terus rajin membaca al-Quran.

“Barangsiapa senang membaca Alquran dengan benar, sebagaimana ketika diturunkan, hendaklah ia mendengar bacaan Ibn Ummu ‘Abd (Abdullah ibnu Mas’ud),”. seperti yang dilansir dari brilio.net.(23/6).

Dan ketika Rasullulah percaya jika Abdullah inilah orang yang benar – benar tulus ingin membaca al-Quran , dirinya pun meminta Abdullah untuk membacakan ayat suci al-Quran dihadapnnya. Setelah mendengar Abdullah membaca al-Quran , Rasulullah sempat menenteskan air mata karena kagum dengan Abdullah yang dalam sekejab saja dirinya bisa melantunkan ayat suci al-Quran dengan begitu fasih dan indah.

Sejak itulah Rasulullah memberikan kekuatan kepada Abdullah dan menobatkan Abdullah ibnu Mas’ud sebagai orang yang pertama kali membaca Al-Quran di dunia.