Bikin Musuh Takut! Indonesia Punya 5 Rudal penghancur Terbaik di Asia Tenggara

Inafeed.com – Kemiliteran Negara Republik Indonesia bisa dibilang semakin membanggakan. Seiring berjalannya waktu , Kemiliteran Indonesia berhasil menciptakan senjata – senjata militer yang cukup gahar bahkan punya kehebatan luarbiasa sampai bisa bikin musuh ketakutan.

Seperti sejumlah rudal penghancur terbaik Indonesia ini diciptakan khusus di Asia Tenggara yang pastinya bikin musuh mundur saat perang.

Dan seperti yang dilansir dari m.Riau24.com, inilah dia 5 Rudal penghancur terbaik di Asia Tenggara.

Yuk, simak !

1. Raytheon AGM-65K2, Rudal Udara Tercanggih TNI AU

Salah satu rudal penghancur di Asia yang bisa menjadi senjata buat musuh mundur yakni Raytheon AGM-65K2 .

Rudal ini bisa menjadi satu – satunya rudal andalan Indonesia yang dipasang pada pesawat tempur F-16. Rudal ini memiliki diameter 300 mm dan panjang 2,49 meter. Jika digunakan dalam keadaan baik, rudal Raytheon bisa menempuh jarak tembak hingga 24 kilometer. Raytheon sendiri memiliki kecepatan hingga 1.100 km per jam.

Kabarnya , Raytheon AGM-65K2 diproduksi oleh Amerika dan telah digunakan oleh 30 negara di dunia. Hingga sekarang produksi rudal ini sudah mencapai 70.000 unit sejak pertama kali dibuat di tahun 1972. Rudal ini menjadi senjata andalan Indonesia yang dioperasikan oleh Skadron Udara bersama 10 unit F-16 serta 24 F-16 C/D.

2. Kh-59ME, Rudal Anti Kapal Andalan Indonesia

Kh-59ME ini juga menjadi salah satu rudal anti kapal andalan Indonesia yang mempunyai kekuatan mampu menghancurkan kapal induk Belanda bernama Karel Doorman.

Pada dasarnya , KH-59ME ini adalah rudal buatan Rusia dan antinya akan dipasangkan ke pesawat tempur jenis Sukhoi Su-27 dan Su-30. Rudal ini mampu menempuh jarak 115 kilometer dan kecepatan luncur mencapai 1.100 kilometer per jam. Hingga sekarang senjata ini telah dipakai oleh Indonesia, Tiongkok, dan Korea Utara.

3. Exocet MM40 Block 3, Rudal Anti Kapal High Subsonic

Salah satu rudal penghancur terbaik milik Asia Tenggara juga salah satunya Exocet. Rudal Exocert MM40 Block 3 adalah varian baru yang dimiliki oleh Indonesia. Sebelumnya, Indonesia telah memakai Block 2 dan sering digunakan untuk uji coba. Exocert MM40 Block 3 ini memiliki panjang 5,8 meter dan bobot 870 kg. Untuk masalah jangkauan, rudal ini mampu menempuh jarak hingga 200 km.

4. R-73, Rudal Pemburu Paling Hebat Milik TNI AU

Rudal penghancur terbaik di Asia Tenggara juga salah satunya Rudal R-73 dibuat oleh Rusia namun kini menjadi pemburu paling hebat milik TNI AU. Rudal R-73 ini dibuat sebagai pelengkap beberapa pesawat tempur seperti Sukhoi. Rudal ini memiliki berat hingga 105 kg dan panjang mencapai 2,93 meter. Rudal ini pertama kali dibuat oleh Rusia pada tahun 1984 dan masih berlanjut hingga sekarang.

5. RBS-15 MK3, Rudal Hebat Untuk Kapal Cepat Rudal

Dan rudal penghancur milik Asia Tenggara yang bisa bikin musuh ketakutan yakni RBS-15 MK3.
Rudal RBS-15 MK3 memiliki panjang hingga 4,35 meter dengan wingspan 1,4 meter. Berat satu rudal bisa mencapai 800 kg dan jarak tempuhnya 200 kilometer. Kecepatan rudal ini lumayan tinggi hingga akan mengenai sasaran dalam jangka waktu yang sangat singkat. RBS-15 MK3 adalah rudal hebat milik Jerman yang nyaris dipakai oleh banyak negara di Eropa seperti Swedia dan Polandia.

Rudal ini juga dijadikan sebagai rudal multi platform yang sangat hebat hingga saat ini yang bisa dipasang di truk, pesawat tempur hingga kepal perang.

Nah, itulah dia kelima rudal penghancur terbaik di Asia Tenggara.

iklan