Ini dia 8 Keajaiban kuno yang mungkin belum kamu ketahui, sekarang tinggal satu aja

Inafeed.com – Tahukah kamu jika di dunia ini ada banyak sekali keajaiban kuno yang mungkin belum kamu ketahui selama ini. Keajaiban – keajaiban kuno yang menjadi peninggalan sejarah ini akan menjadi monument paling berarti.

Seperti Tembok Besar di China atau Colosseum di Roma yang menjadi monument hasil ekajaiban dunia. Dan kali ini ada 8 keajaiban kuno yang tak pernah kamu ketahui sebelumnya.

Dilansir dari Tribunnews.com, inilah dia diantaranya :

1. Gua Ajanta, India

Salah satu keajaiban kuno yang belum kamu ketahui selama ini yakni Gua Ajanta, India. Gua ini tertelak di 100 km timur laut dari Kota Aurangabad. Gua Ajanta ini dianggap sebagai puncak arsitektur India, seperti batu yang dipotong.

Gua Ajanta dianggap sebagai salah satu keajaiban dunia karena merupakan gua Budda pertama yang ditemukan pada abad 2 dan 1 SM.

2. Newgrange, Irlandia

Newgrange ini juga menjadi salah satu keajaiban kuno yang ada di Irlandia.  Newgrange ini merupakan monument yang berbentuk kubah bulat raksasa yang terletak di dataran zamrud Irlandia. Newgrange ini juga memiliki dinding penahan disekitar gundukan yang dikelilingi oleh kerbstones terukir.

3. Derinkuyu, Turki

Salah satu keajaiban kuno yang selama ini mungkin belum kamu ketahui yakni Derinkuyu yang merupakan bangunan bertingkat di bawah tanah kota kuno tepatnya terletak di  distrik Derinkuyu di Nevşehir Provinsi, Turki. Bangunan ini memanjang sekitar 60 meter yang dapat menampung hingga 20.000 secara bersamaan.

4. Lighthouse of Alexandria, Mesir

Lighthouse ini juga merupakan salah satu keajiban dunia yang ada di kota Mesir. Lighthouse of Alexandria didirikan sejak abad ke-3 SM dengan tinggi 134 meter yang berbentuk seperti mercusuar pertama di dunia yang menggunakan cermin sebagai pemantul cahaya matahari ke laut.

5. Patung raksasa dari Rhodes, Rhodes

Patung raksasa dari Rhodes ini juga menjadi salah satu keajaiban dunia yang memiliki tinggi 110 kaki atau sekitar 33 meter.

Patung Rhodes ini menjadi patung raksasa yang begitu dihormati sebagai dewa matahari Yunani. Patung ini didirikan di Kota Rhodes oleh Charles pada tahun 280 SM.

6. Mausoleum di Halicarnassus, Turki

Mausoleum di Halicarnassus merupakan salah satu keajaiban dunia yang berbentuk makam paling istimewa. Makam yang dibangun pada abad keempat SM ini dibuat khusus untuk Raja Mausolus dengan memiliki tinggi 41 meter dengan keempat sisinya yang dihiasi relief.

7. Patung Zeus, Yunani

Patung Zeus ini juga menjadi salah satu keajaiban kuno yang dibangun dengan memiliki tinggi 12 meter yang dibuat oleh seniman Yunani Phidias sekitar 435 SM.Patung ini menggambarkan raja para dewa Yunani. Khususnya menggambarkan sosok dewa Zeus yang duduk disinggahsana dengan kulit berwarna kuning gading dan jubah emas.

8. Piramida Raksasa, El Giza, Mesir

Dan salah satu keajaiban kuno yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya yakni Piramida Agung di Giza dibangun sekitar 2600 SM untuk Raja Firaun, Mesir. Piramida ini adalah yang tertua dan terbesar dari tiga piramida di El Giza, Mesir.

Nah, itulah dia 8 keajaiban kuno yang mungkin belum kamu ketahui selama ini.

Lihat juga : 5 Bangunan Kuno Bersejarah ini Ternyata Pembuatannya Lebih Lama daripada Usia Negara Indonesia

 

iklan