in

Ini Alasan Kenapa Gigi Kamu Tetap Kuning Walaupun Sudah Setiap Hari Gosok Gigi

sikat-gigi-_-ilustrasi_20151016_155642

Situshiburan.com – Rajin sikat gigi tapi tetap saja gigi terlihat kotor dan kuning. Hal inilah yang sering dipertanyakan oleh orang-orang selama ini. Tak hanya mengeluh gigi kotor dan gigi kuning, rajin menyikat gigi tapi tetap saja karang gigi terbentuk. Masalah-masalah inilah yang masih dipertanyakan oleh banyak orang.

Seperti dilansir Tribunnews.com, perlu kamu tahu bahwa karang gigi disebut juga dengan dental calculus. Dental Calculus ini merupakan plak atau kotoran lunak yang lama-kelamaan akan menjadi mengeras jika pada saat membersihkan gigi tidak dilakukan dengan cara yang optimal.

Plak atau kotoran lunak ini bisa mengeras karena adanya pengendapan mineral terutama kalsium dan fosfat yang berasal dari air liur, makanan, serta minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Jika sudah mengeras maka dental calculus tidak bisa dibersihkan karena melekat kuat di gigi. Jika karang gigi ini dibiarkan begitu saja, maka lama-kelamaan akan semakin banyak dan menutupi seluruh permukaan gigi.

Para dokter pun telah menemukan penyebab dari terbentuknya dental calculus yaitu diet, cara menjaga kebersihan gigi dan mulut, kondisi air liur, posisi gigi geligi di dalam rahang, serta kondisi sistemik dan riwayat medis.

Sebagian besar orang hanya menggunakan satu sisi saat mengunyah makanan karena alasan tertentu, seperti gigi di sebelah kanan berlubang dan sakit jika digunakan untuk mengunyah makanan. Sehingga ia akan menggunakan gigi sebelah kiri untuk menguyah makanan.

Hal inilah yang dapat membuat dental calculus menjadi semakin banyak karena kurangnya stimulasi air liur di daerah tersebut.

Cara menyikat gigi pun perlu diperhatikan. Gerakan sikat gigi keatas dan kebawa dengan mengenai gusi, karena karang gigi sering terbentuk pada pertemuan gigi dan gusi. Kamu harus membersihkan gigi secara merata baik didepan maupun di bagian belakang.

 

7 Hewan ini Katanya Bisa Membawa Keberuntungan Pemiliknya, Apa Kamu Percaya

Ini Alasan Kenapa Wanita Hamil Juga Masih Bisa Mengalami Haid