in

5 Nama Lain Indonesia Sebelum Menggunakan Nama Indonesia

54213f792dfc3_54213f792e6a0

Situshiburan.com – Apakah kamu tahu tentang sejarah nama negara kita yaitu Indonesia ? Bagi kamu yang belum tahu  tentang sejarahnya. Maka penting untuk membaca artikel ini agar bisa mengetahui jika sebenarnya Indonesia itu  memiliki lima nama lain selain Indonesia.

Sebelumnya kamu harus tahu nama Indonesia berasal dari kata “Indo” dan “Nesie” yang dalam bahasa Yunani berarti kepulauan Hindia. Orang pertama yang menyebutkan nama negara kita dengan nama Indonesia adalah James Richardson Logan pada tahun 1869 di dalam buku karangannya yang berjudul “The Indian Archipelago and Eastern Asia” yang terbit dalam Journal of the Asiatic Society of Bengal (1849-1859).

Namun, selain nama itu, bangsa-bangsa asing pada masa sajam colonial dulu, menganggap tabu nama Indonesia untuk disebutkan sehingga mereka memberikan nama tersendiri untuk menyebut Indonesia.

Mau tau apa saja ? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Pulsk.com.

1. Hindia

Herodotus, seorang ahli ilmu sejarah yang berkebangsaan Yunani (484-42m SM), memberi  nama Hindia untuk Indonesia.

2. Naderlandsch Oost-Indie/ Nederlandsch Indie

Seorang pelaut Belkamu yang berkuasa di Indonesia pada tahun 1596 memberikan nama Naderlandsch Oost-Indie/ Nederlandsch Indie untuk Indonesia.

3. Insulinde

Insulinde adalah nama yang diberikan oleh Eduard Douwes Dekker atau dipanggil juga Multatuli di dalam bukunya yang berjudul Max Havelaar pada tahun 1860. Adapun arti nama Insulinde berasal dari perkataan “Insulair”, “Insula” dan “Indus” yang dalam bahasa latin “Insula” berarti pulau dan “Indus” berarti Hindia sedangkan Insilinde berarti pulau Hindia.

4. Nusantara

Dalam perpustakaan India Kuno disebutkan jika nama Nusantara diberikan  untuk Indonesia. Adapun Nusantara artinya pulau-pulau yang berada diantara benua-benua.

5. The Malay Archipelago

The Malay Archipelago adalah nama yang diberikan oleh Alfred Russel Wallace dalam tahun 1869, sesudah ia mengadakan perlawatan ke tanah air kita, dari tahun 1854 sampai dengan 1682. Adapun artinya adalah “Malay” artinya Melayu, “Archipel” yang berasal dari bahasa Yunani “Archipelagus” (dari asal Archi=memerintah; plagus= laut).

Nah, itulah dia ke lima nama lain Indonesia sebelum memakai nama Indonesia.

 

 

Kisah Nyata: Malam Pertama Kawin Jadi Malam Pertama di Kuburan, Mau Tahu apa yang Terjadi ?

Luar Biasa, 19 Tahun Dikubur, Mayat Wanita ini Ternyata Masih Utuh