in

Hati-Hati Jangan Pasang Foto Profil Dengan Bendera Indonesia Bisa Masuk Penjara

1

Situshiburan.com – Sebuah kejadian lucu namun menegangkan saat tragedi Prancis. Ada seorang akun di media sosial Facebook yang berniat untuk berinovasi karena pada saat itu, orang lain pada memakain bendera Prancis sebagai tindakan solidaritas dari kejadian yang menimpan Prancis.

Namun, inovasi ini malah membuat akun bernama Kang Akbar  tersebut melanggar peraturan pemerintah yang termasuk tindakan pidana dan harus dihukum penjara.

Penasaran seperti apa kejadiannya, berikut kisah lengkapnya yang dituliskan oleh Kang Akbar dalam blognya sendiri, seperti dilansir Sebarkanlah.com.

etelah sebelumnya saya memberikan tutorial membuat filter Bendera Indonesia untuk Profile Picture Facebook, Belum genap 24Jam sudah banyak yang merespon di akun facebook saya. Ada yang memuji ada juga yang mengecam (Lebih tepatnya memperingatkan) bahwa tindakan saya ini adalah termasuk tindak pidana pelecehan Bendera Negara.

Tapi saya pikir ini tidak melanggar apapun. Setelah saya bertanya “Kenapa ini disebut bisa di Pidana?” beliau menjawab bahwa tindakan ini termasuk melanggar Undang – Undang Dasar Nomor 24 Tahun 2009 Pasal 24 Tentang Tentang Bendera, Bahasa, Dan Lambang Negara, Serta Lagu Kebangsaan. Dari situ saya mulai cemas dan langsung search tentang UU Nomor 24 Tahun 2009. Ternyata benar, di pasal ter sebut membahas :

UU No 24 Tahun 2009 (Tentang Bendera, Bahasa, Dan Lambang Negara, Serta Lagu Kebangsaan)

Dalam UU No 24 Tahun 2009 tersebut terdapat  beberapa poin yaitu:

Setiap orang dilarang :

  1. (a) merusak, merobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Bendera Negara.
  2. (b)memakai Bendera Negara untuk reklame atau iklan komersial.
  3. (c) mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam.
  4. (d) mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain dan memasang lencana atau benda apapun pada Bendera Negara. dan
  5. (e) memakai Bendera Negara untuk langit-langit, atap, pembungkus barang, dan tutup barang yang dapat menurunkan kehormatan Bendera Negara.

Apa yang dilakukan oleh Kang Akbar ini termasuk didalam poin (d) mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain dan memasang lencana atau benda apapun pada Bendera Negara.

Jelas jika Kang Akbar melakukan tindakan pidana yang harus dihukum penjara. Nah, semoga kejadian ini bisa menjadi pelajaran dan pengetahuan buat kamu agar tidak berlaku yang aneh-aneh terhadap Bendera Merah Putih Kita.

 

Ini 5 Contoh Kemesraan Rasulullah Terhadap Istrinya yang Wajib Kamu Tiru

Hai Cewek Carilah 6 Tipe Pria Seperti Ini Dijamin Gak Bakal Selingkuh