in

Ibu Hamil Wajib Lakukan 6 Hal ini Agar Bayi yang Dilahirkan Gak Cacat

5Xbn8LM-cer41jpg

Situshiburan.com – Bayi yang lahir cacat biasanya bisa disebabkan karena virus tertentu, atau bahkan penyakit keturunan. Tapi, bayi lahir cacat juga bisa dikarenakan pola hidup sang ibu yang terbilang tidak sehat.

Semua ibu pasti menginginkan anaknya lahir dengan normal bukan. Jadi, untuk menghindari bayi lahir cacat, ibu hamil bisa melakukan enal hal ini agar bayi yang dilahirkan tidak cacat.

Mau tau apa sajakah ke enam hal itu ? Simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Cerminan.com.

Baca juga : Beberapa Makanan ini Gak Boleh Dimakan Oleh Ibu Hamil Berbahaya Untuk Janin Kamu

1. Asam folat setiap hari

Hal pertama yang harus dilakukan ibu hamil adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat setiap hari. Asam folat ini bisa ditemukan dalam sayuran hijau, kacang-kacangan, dan sereal.

Asam folat ini dapat mencegah kerusakan otak dan sumsum tulang belakang. Tak hanya itu asam folat juga dapat menurunkan resiko kelahiran cacat seperti bibir sumbing dan cacat jantung.

2. Berhenti merokok

Berhenti merokok dan jauhi asap rokok. Merokok pada masa kehamilan dapat mengakibatkan bayi lahir prematur, bibir sumbing dan juga kematian bayi.

3. Vaksinasi

Vaksinasi, juga harus dilakukan oleh ibu hamil. Ini karena sejumlah vaksinasi dapat melindungi ibu dari infeksi penyebab kelahiran cacat. Dengan vaksinasi bayi yang lahir dapat dalam keadaan sehat.

4. Hindari alkohol

Sebisa mungkin ibu hamil harus menghindari alkohol. Karena alkohol dapat diteruskan ke bayi melalui tali pusar. Ini akan sangat berbahaya untuk calon bayi.

5. Lindungi diri dari infeksi

Ibu hamil juga harus melindungi diri dari infeki selama masa kehamilan. Ibu hamil bisa terapkan hidup sehat dengan selalu mencuci tangan pakai sabun secara teratur dan memasak daging sampai benar-benar masak. Jagalah kebersihan secara menyeluruh.

6. Konsultasi dengan dokter

Ibu hamil juga perlu merencanakan pemeriksaan secara rutin ke dokter kandungan. Dengan begini ibu hamil bisa mengetahui perkembangan bayi dan juga kondisi bayi didalam kandungan.

Itulah dia ke enam hal yang harus dilakukan oleh ibu hami.

 

Ibu Hamil Wajib Tahu Nih Seperti Ini Posisi Tidur Terbaik dan Buruk Ketika Sedang Hamil

Wow! Pertama di Dunia, Gedung Megah ini Ternyata Dibangun Menggunakan Printer. Lihat Hasilnya Keren Banget